• Posted by : Unknown Friday, October 26, 2012

    Mungkin bagi anda yang belum mengenal istilah dari Hyphenation bisa terbantu dengan membaca posting saya ini. Hyphenation merupakan cara untuk memecah suatu kata ketika kata itu tidak cukup ditulis dalam baris yang sama. Biar lebih paham lagi, bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



    Lihat kata yang dilingkari merah, kata tersebut ada garis dibelakangnya. Inilah yang disebut dengan hyphenation

    Untuk membuat laporan atau karya ilmiah, hyphenation tidak pernah saya temui. Biasanya kita akan memakai format “justify/rata kanan dan kiri” untuk menulis. Kalau sudah memakai format ini maka kata akan tetap tersambung dan tidak ditemukan hyphenation kecuali kita memberikannya.

    Trus kenapa ada hyphenation? Hyphenation biasanya kita jumpai pada surat kabar, majalah atau buku. Tujuannya adalah untuk memberikan spasi yang sama pada semua kata dalam tulisan tersebut. Coba deh anda ketika mengetik diword, pertama pakai format “justify”. Spasi antar kata terlihat tidak sama, kemudian anda terapkan hyphenation, maka spasinya akan terlihat lebih rata.


    Untuk mengaktifkan hyphenation, bisa dengan pilih menu “page layout =>hyphenation => none/automatic/manual”. Silahkan pilih yang automatic saja dulu untuk menco­banya. Lihat gambar di bawah untuk melakukan hyphenation.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Semua Ada Berita

    Semua Ada Berita - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan